Corak Musik Unik dan Khas dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Jawa Barat

Panitia bersama dua puluh lima tim yang berhasil lolos ke babak final Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Jawa Barat Tahun 2017 melaksanakan taklimat (technical meeting) babak final di aula Balai Bahasa Jawa Barat, Selasa, 4 Juli 2017. Dalam taklimat tersebut diinformasikan bahwa babak final Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat 2017 akan diselenggarakan pada 18 Juli 2017, di tempat yang akan ditentukan kemudian.

Resti Nurfaidah, panitia pelaksana kegiatan, mengatakan bahwa di babak final finalis harus menampilkan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan. Puisi wajib yang diperlombakan di babak final adalah “Sajak Perambah Hutan” karya Juniarso Ridwan. Adapun puisi pilihan adalah “Kampung Halaman” karya Toni Lesmana, “Amsal Pohonan” karya Zulkifli Songyanan, dan “Seperti Kesunyian” karya Yopi Setia Umbara.

Dalam taklimat tersebut, ditetapkan juga Urutan Tampil Babak Final untuk kedua puluh lima finalis. “Durasi waktu untuk penampilan di babak final ditetapkan maksimal 15 menit, termasuk dengan persiapan. Peserta boleh mengulang larik maupun bait dalam puisi untuk keperluan harmonisasi, tetapi tidak diperkenankan menambah atau mengurangi kata dalam puisi” tambah Resti.

Dalam Petunjuk Teknis Babak Final Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat 2017 disebutkan bahwa peserta membawa alat musik dan properti masing-masing. Kekayaan tradisi bermusik (musik tradisional) di daerah masing-masing yang dipadukan dalam musikalisasi puisi sangat diharapkan akan muncul dalam acara final tersebut. “Kolaborasi antara musik etnik dan makna puisi dalam wujud musikalisasi puisi diharapkan dapat memberi warna bagi model apresiasi sastra dan corak musik unik dan khas dalam dunia seni musik. Namun, alat musik elektrik juga dapat digunakan sejauh tidak mengganggu komposisi musikalisasi puisi”, tambah Resti.

Finalis Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat 2017 mengikuti taklimat di Balai Bahasa Jawa Barat
Finalis Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat 2017 mengikuti taklimat di Balai Bahasa Jawa Barat.

Sementara itu, kriteria penilaian meliputi penafsiran puisi (30%), komposisi musikal (30%), keselarasan (20%), vokal (10%), dan penampilan (10%). Dalam Babak final nanti, juri akan memilih lima peserta terbaik sebagai  juara I, juara II, juara III, juara harapan I, dan juara harapan II. Juara I akan mewakili Jawa Barat untuk perlombaan sejenis di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jakarta pada tahun 2017.

Untuk informasi lebih lanjut berkaitan dengan pelaksanaan babak final, dapat menghubungi Panitia (1) Resti Nurfaidah (081321879073), (2) Sarip Hidayat (085860944793), dan (3) Lailatul Munawaroh (082116999895).

Mari kita tunggu siapa yang layak mewakili Jawa Barat dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional 2017!