Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Melaksanakan UKBI

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di kampus Unsil, Jalan Siliwangi Nomor 24 Tasikmalaya. UKBI yang dilaksanakan Senin, 25 Maret 2016, tersebut diikuti oleh sekitar 120 mahasiswa S-1. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani pada tanggal 27 Januari 2014 sebagai bentuk kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi dan Balai Bahasa Jawa Barat dalam pelaksanaan kegiatan UKBI.

Mahasiswa S-1 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsil Tasikmalaya sedang melaksanakan UKBI di Kampus Unsil, Jalan Siliwangi Nomor 24 Tasikmalaya.
Mahasiswa S-1 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsil Tasikmalaya sedang melaksanakan UKBI di Kampus Unsil, Jalan Siliwangi Nomor 24 Tasikmalaya.

UKBI merupakan persyaratan akademik yang wajib dipenuhi oleh para mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsil. Beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat memang sudah menjadikan UKBI sebagai persyaratan akademik yang harus diikuti oleh mahasiswanya. Bahkan, ada perguruan tinggi yang menentukan batas nilai minimal skor UKBI mahasiswa S-1 dan S-2 sebagai syarat untuk dapat menjalani sidang akhir.

Dalam penyelenggaraan UKBI, UPI Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Unpas Bandung, Unsur Cianjur, Unswagati Cirebon, dan STKIP Siliwangi Cimahi merupakan perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Barat, sebagai penyelenggara UKBI di Jawa Barat.

Dindin Samsudin, S.S., salah seorang Tim UKBI Balai Bahasa Jabar menginformasikan bahwa perguruan tinggi yang ingin bekerja sama dalam pelaksanaan UKBI dapat langsung menghubungi Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.