Ujicoba UKBI Daring di Balai Bahasa Jawa Barat

Selasa, 31 Mei 2016, Subbidang Pedoman dan Acuan, Bidang Pengembangan, Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jakarta, melaksanakan Uji Coba Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Jaringan (UKBI Daring) di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.  Kegiatan yang bertempat di Laboratorium Bahasa, Balai Bahasa Jawa Barat, ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari dosen dan mahasiswa yang ada di wilayah Kota Bandung. Soal yang diujicobakan dalam UKBI Daring ini adalah soal Seksi I s.d. Seksi III.

Para peserta sedang beruji coba UKBI Daring di Laboratorium Bahasa, Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung
Para peserta dalam kegiatan Uji Coba UKBI Daring di Laboratorium Bahasa, Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung

Kasubbid Pedoman dan Acuan, Bidang Pengembangan, Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Atikah, mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Uji Coba UKBI Daring ini adalah menguji coba aplikasi UKBI Daring yang akan digunakan oleh Badan Bahasa dalam pelaksanaan UKBI. “UKBI Daring merupakan terobosan baru dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa berkaitan dengan pelaksanaan UKBI. Selama ini, pelaksanaan UKBI dilaksanakan dengan soal berbasis kertas. Kini, kami akan melaksanaan UKBI berbasis jaringan (internet)”, kata Atikah.

Atikah menambahkan bahwa Balai Bahasa Jawa Barat merupakan satu dari delapan balai bahasa di Indonesia yang sudah siap menjadi Tempat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (TUKBI) karena sudah tersedia laboratorium bahasa dan jaringan internet yang memadai.

Resti Nurfaidah, Panitia Pelaksana Ujicoba UKBI Daring, mengatakan bahwa secara keseluruhan, pelaksanaan Uji Coba UKBI Daring di Balai Bahasa Jawa Barat berlangsung sukses dan lancar. “Dari 20 peserta yang mengikuti uji coba UKBI Daring ini, hanya satu peserta yang terkendala mengikuti UKBI  sampai tuntas karena terganggu koneksi internet”, kata Resti.