BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN NASKAH DINAS

Dalam rangka melaksanakan salah satu tupoksi pembinaan bahasa kepada masyarakat,  Balai Bahasa Jawa Barat pada 30—31 Mei 2016 mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Naskah Dinas di Kota Cirebon. Kegiatan yang bertempat di hotel Grage ini diikuti oleh sekitar 40 orang tenaga administrasi yang bekerja di kantor pemerintah kota, kantor kecamatan, dan kantor kelurahan di Kota Cirebon.

Semua peserta dalam kegiatan yang bertema “Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Berbahasa melalui Bimbingan Teknis Penulisan Naskah Dinas” ini diberikan materi tentang Bahasa Surat Dinas, Ejaan, Pilihan Kata, Kalimat, serta Penulisan Surat Dinas dan Laporan. Selain itu, di akhir kegiatan semua peserta juga diberikan praktik Penulisan Surat Dinas yang baik dan benar.

Dra. Rieza Utami Meilawati ketika memberikan materi Penulisan Surat dinas dan Laporan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Naskah Dinas di Kota Cirebon
Dra. Rieza Utami Meitawati ketika memberikan materi Penulisan Surat Dinas dan Laporan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Naskah Dinas di Kota Cirebon

Narasumber yang membimbing peserta dalam kegiatan ini adalah Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Drs. M. Abdul Khak, M.Hum. dan dua orang penyuluh dari Balai Bahasa Jawa Barat,  Dra Rieza U. Meitawati dan Umi Kulsum, M.Hum.

Rizqi, S.S, Ketua Panitia Kegiatan, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia bagi staf administrasi yang bekerja di pemerintahan kota yang ada di Kota Cirebon. “Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para staf administrasi yang bekerja di Pemerintahan Kota Cirebon mengetahui sistematika cara penulisan surat dinas yang baik dan benar. Selain itu, mereka dapat membedakan format dan jenis surat,” tambah Rizqi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakukan oleh Balai Bahasa Jawa Barat di tahun 2016. Sebelumnya, kegiatan serupa dilaksanakan di Kota Bogor dengan mengundang para staf administrasi yang bekerja di Pemerintahan Kota Bogor.