SMAN Tanjungsari Kembali Wakili Jabar Ke Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional

SMAN Tanjungsari Sumedang akhirnya terpilih sebagai juara pertama Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Provinsi Jawa Barat  yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Barat di Gedung RRI Bandung, 9 Agustus 2016.  Dengan demikian, SMAN Tanjungsari akan mewakili Jawa Barat dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional tahun 2016 di Jakarta. Dengan hasil itu, SMAN Tanjungsari mengulang sukses kegiatan Festival Musikalisasi Puisi Tahun 2014 yang juga meraih peringkat pertama.

Penampilan dari siswa SMAN Tanjungsari  mendapat  nilai tertinggi dari para juri yang terdiri atas Adew Habsa, Rudi Aliruda Ramdani, dan Retno Dwi Marwati. Selain itu, SMAN Tanjungsari juga mendapat sambutan yang sangat meriah dari para penonton karena kreativitas musikal dan vokal yang apik dalam penampilannya.

Penampilan salah satu tim dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat di Gedung RRI Bandung
Penampilan salah satu penampilan peserta dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Jawa Barat di Gedung RRI Bandung.

Dalam Festival Musikalisasi Puisi yang diikuti oleh 25 tim SLTA tersebut juara II diraih oleh SMAN 1 Garut, Juara III SMAN 1 Leuwiliang Bogor, Harapan I MAN Purwakarta, dan Harapan II SMAN I Ciamis.

Asep Juanda, M.Hum., selaku Ketua Panitia, berharap dengan adanya kegiatan seperti ini para siswa semakin akrab dengan puisi sehingga apresiasi siswa terhadap puisi dapat terus ditingkatkan. Selain itu, kegiatan seperti ini dapat memberikan ruang kreativitas siswa terhadap sastra, khususnya dalam bermusikalisasi puisi. “Kegiatan rutin tahunan Balai Bahasa Jawa Barat ini juga sekaligus sebagai ajang pemilihan wakil Jawa Barat untuk perlombaan sejenis di tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Bahasa Jakarta”, tambah Asep.