Pelatihan Literasi untuk Komunitas Rumah Baca

Untuk mewadahi anak-anak yang tidak mampu bersekolah agar tetap dapat menjadi generasi terliterasi, Gerakan Nasional Literasi Bangsa harus menjangkau ranah luar sekolah, yaitu komunitas. Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Bahasa Jawa Barat mengadakan kegiatan Pelatihan Literasi untuk Komunitas Rumah Baca yang diselenggarakan di Hotel Grand Cordela Bandung, 24—25 Agustus 2016.

Peserta yang mengikuti kegiatan yang bertema “Giatkan Literasi untuk Generasi yang Cerdas dan Berbudi Pekerti Tinggi” ini sebanyak 44 orang dari berbagai komunitas rumah baca yang ada di Kota Bandung.

Para peserta dalam kegiatan Pelatihan Literasi untuk Komunitas Rumah Baca di Hotel Grand Cordela Bandung, 24—25 Agustus 2016
Para peserta dalam kegiatan Pelatihan Literasi untuk Komunitas Rumah Baca di Hotel Grand Cordela Bandung, 24—25 Agustus 2016

Seniman teater, Dedi Warsana dan Kemal Ferdiansyah yang menjadi instruktur dalam kegiatan ini, memberikan pelatihan kepada para peserta teknik mengonversi teks menjadi naskah drama dan cara mementaskannya. Dalam praktiknya, semua peserta mementaskan beberapa drama cerita rakyat Jawa Barat, seperti “Situ Bagendit”, “Lutung Kasarung”, “Nini Anteh”, dan “Dalem Boncel”.

Sunarsih, Ketua Panitia, mengatakan bahwa dalam pelatihan ini, Rumah Baca Eureka dari Cileunyi menjadi komunitas baca yang terbaik. “Komunitas Baca Eureka selalu semangat dan kompak saat pelatihan, walaupun mereka baru lima bulan berdiri”, kata Sunarsih.