Ummi Sukabumi dan Balai Bahasa Jabar Jalin Kerja Sama Pelaksanaan UKBI

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi) menjalin kerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Barat dalam pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Kerja  sama tersebut terjalin setelah dibuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Ummi dan Balai Bahasa Jawa Barat. Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung, Rabu, 29 Agustus 2016.

PKS ditandatangani oleh Dr. Nanang Chaerul Anwar, M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Ummi dan Drs. Abdul Khak, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Jawa Barat. Dalam PKS tersebut tertulis bahwa kerja sama dilakukan dalam hal penyelenggaraan UKBI bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang akan menyelesaikan pendidikannya demi peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia para lulusannya.

Dosen UMMI Sukabumi ber-UKBI setelah peandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Bahasa Jabar dalam hal Pelaksanaan UKBI
Dosen Ummi Sukabumi ber-UKBI setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Bahasa Jabar dalam hal Pelaksanaan UKBI

Dalam sambutannya, Abdul Khak mengatakan bahwa UKBI harus menjadi andalan bersama dalam rangka meningkatkan gengsi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dapat menjadi sesuatu yang membanggakan jika bergengsi. “Tidak semua yang berbahasa Indonesia itu tidak bergengsi karena bergengsi atau tidaknya sebuah produk atau kawasan bukan terletak pada bahasanya, tetapi bergantung pada kualitas barangnya”, kata Abdul Khak.

Dengan penandatanganan PKS tersebut, Ummi Sukabumi mengikuti jejak UPI Bandung, Unswagati Cirebon, Unsil Tasikmalaya, Unsur Cianjur, STKIP Siliwangi Cimahi, dan Unpas Bandung yang sudah terlebih dahulu membuat PKS  dengan Balai Bahasa Jawa Barat dalam penyelenggaraan UKBI.

Setelah menandatangani PKS, dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Ummi langsung ber-UKBI di aula Balai Bahasa Jawa Barat. Tim UKBI Balai Bahasa Jabar menginformasikan bahwa perguruan tinggi yang ingin bekerja sama dalam pelaksanaan UKBI dapat langsung menghubungi Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.