Perekaman Bahasa dan Ekspresi Sastra di Kabupaten Bekasi

Setelah melakukan perekaman bahasa dan ekspresi sastra di Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Indramayu, Tim Perekaman dari Balai Bahasa Jawa Barat kembali mengadakan kegiatan serupa di Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27—30 September 2016 tersebut dilakukan di Kampung Jati, Kelurahan  Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Penampilan Seni Topeng Betawi dari Sanggar Topeng Betawi Margasari Kacrit Putra, Kabupaten Bekasi
Penampilan Seni Topeng Betawi dari Sanggar Topeng Betawi Margasari Kacrit Putra, Kabupaten Bekasi.

Pada kesempatan kali ini, Tim dari Balai Bahasa Jawa Barat melakukan perekaman Seni Topeng Betawi dari Sanggar Topeng Betawi Margasari Kacrit Putra pimpinan Syamsudin alias Udin Kacrit. Pada kesempatan itu juga, Tim Balai Bahasa Jawa Barat merekam Kosakata Swadesh yang digunakan masyarakat di Kampung Jati, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Nia Kurnia, S.Pd., M.Hum., Ketua Tim, mengatakan bahwa kegiatan Kegiatan Perekaman Bahasa dan Ekspresi sastra yang diadakan di Kabupaten Bekasi dimaksudkan sebagai upaya menjaga keberlangsungan budaya bangsa yang ada di Kabupaten Bekasi. “Kegiatan ini juga bertujuan tujuan untuk pendokumentasian bahasa daerah dan ekspresi sastra yang hidup dalam sebuah tradisi yang ada di masyarakat Jawa Barat”, kata Nia.