UKBI dalam GBSI UPI 2016

Dalam rangka memperingati momen bulan Bahasa dan peduli dengan kondisi literasi di Indonesia, Hima Satrasia FPBS UPI Bandung mengadakan kegiatan Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia (GBSI) 2016. GBSI merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Hima Satrasia setiap tahun untuk memperkenalkan, mewadahi, dan meningkatkan kecintaan bahasa dan sastra Indonesia kepada masyarakat. Kegiatan yang bertema “Menolak Baca, Khianati Indonesia” ini diadakan pada tanggal 21-28 Oktober 2016.

Salah satu rangkaian kegiatan GBSI 2016 yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKB). Untuk itu, Balai Bahasa Jabar, sebagai pelaksana UKBI di Provinsi Jawa Barat, diminta untuk melaksanakan pengujian UKBI kepada para mahasiswa peserta GBSI 2016. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Oktober 2016, di Auditorium B FPBS UPI Bandung tersebut diikuti oleh sekitar 230 mahasiswa UPI Bandung.

Mahasiswa UPI, Peserta GBSI 2016 sedang ber-UKBI di Auditorium B FPBS UPI Bandung
Mahasiswa UPI, Peserta GBSI 2016 sedang ber-UKBI di Auditorium B FPBS UPI Bandung.

Panitia pelaksana GBSI 2016 mengatakan bahwa masyarakat khususnya pelajar kurang mengetahui keberadaan UKBI. UKBI merupakan sarana untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia. Dengan adanya UKBI ini, diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk lebih mencintai bahasa Indonesia karena bahasa merupakan identitas bangsa.

Dindin Samsudin, S.S., salah seorang Tim UKBI Balai Bahasa Jabar menginformasikan bahwa masyarakat yang ingin mengukur kemahirannya dalam berbahasa Indonesia melalui UKBI, dapat langsung menghubungi Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.