web analytics

Hadi AKS

Hadi AKS

hadi-aksHadi AKS adalah penulis sajak dan cerpen dalam bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Selain itu ia pun menulis esai. Karya-karyanya banyak dimuat di berbagai media cetak antara lain dalam majalah Mangle, Galura, Katumbiri,Kalawarta, dan  Kujang.

Hadi AKS lahir di Pandeglang , Banten pada tanggal 16 Mei 1965. Pendidikan yang ditempuhnya setamat dari  SMA adalah melanjutkan ke IKIP Bandung (sekarang UPI)  jurusan Basa Daerah. Semasa menjadi mahasiswa ia sudah aktif menulis dan aktif di berbagai kegiatan sastra, antara lain pernah menjadi redaktur majalah mahasiswa  Turus dan Prakarsa, pendiri yayasan Bujangga Manik (1990) dan Forum Sastra jeung Jurnalistik Sunda (1990) Setelah lulus dari IKIP Bandung pada tahun 1990 ia kemudian bekerja menjadi guru di sebuah SMP di Pandeglang. Setelah beberapa lama kemudian ia pindah ke Lembang. Penghargaan yang pernah ia terima adalah hadiah sastra LBSS untuk cerpennya yang berjudul Oknum (1992).

Karya tulis yang telah diterbitkan adalah kumpulan cerita pendeknya yang diberi judul Oknum. Buku ini diterbitkan di Bandung  tahun 1999.  Ombak Halimun, kumpulan sajak (2000), Jawara Sebelas Wajah, kumpulan cerita rakyat Banten dalam bahasa Indonesia (2000), Kalapati, kumpulan cerpen (2011), dan Saéni, novel (2007, 2014).

Tahun 2011  sejak fiksimini dikenal Hadi AKS rajin menulis fiksimini dalam  grup facebook Fiksimini Basa Sunda, sudah ada ratusan fiksimini yang ia tulis dalam grup ini dan mendapat respon yang baik dari para pembacanya. Ia juga sering membacakan fikmin-fikmin di panggung dan juga sempat mengamen di Alun-alun Bandung juga di dalam bus kota.

Related posts