Kunjungan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2016, Rabu, 23 November 2016, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor mengadakan kunjungan ke Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung. Agenda utama dalam kunjungan tersebut adalah seminar bahasa dan Sastra dengan narasumber Drs. Moh. Abdul Khak, M.Hum, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat serta sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada para mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor.

Dalam Seminar yang dilaksanakan di aula Balai Bahasa Jawa Barat, para mahasiswa berdiskusi dengan Kepala Balai Bahasa Jawa Barat tentang  permasalahan yang berkaitan dengan kebahasaan dan kesastraan. Pada kesempatan tersebut, Drs. Abdul Khak, M.Hum. kembali mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus terus berupaya meningkatkan gengsi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dapat menjadi sesuatu yang membanggakan jika bergengsi. “Bahasa Indonesia harus terus dijunjung tinggi, bahasa daerah harus tetap dilestarikan, dan bahasa asing perlu dikuasai,” kata Abdul Khak.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor sedang melaksanakan Simulasi UKBI di aula Balai Bahasa Jabar, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.
Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor sedang melaksanakan Simulasi UKBI di aula Balai Bahasa Jabar, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.

Setelah melaksanakan seminar, para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor yang berjumlah 60 orang  tersebut mengikuti simulasi UKBI dipandu oleh tim UKBI Balai Bahasa Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa diperkenalkan dengan contoh soal dan cara menjawab pertanyaan UKBI seksi I, II, dan III.