“Ayam Geprek Istimewa” Meraih Anugerah Kawistara Pajajaran 2016

Rumah makan Ayam Geprek Istimewa meraih Anugerah  Kawistara Pajajaran pada Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Bogor 2016. Anugerah  Kawistara Pajajaran adalah penghargaan yang diberikan kepada pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik yang diselenggarakan atas kerja sama Balai Bahasa Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Bogor.

Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Bogor 2016 merupakan tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Hasil Lokakarya yang diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2015 di Hotel Salak. Pada sosialisasi tersebut dihadiri oleh seratus orang peserta yang berasal dari pengusaha hotel, restoran, rumah sakit, objek wisata, dan pegawai instansi pemerintah.

Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Bogor 2016 itu sendiri diikuti oleh sekitar 30 peserta dari ranah hotel, rumah sakit, dan rumah makan/restoran. Pada pengumuman dan penyerahan penghargaan yang diselenggarakan dalam acara Malam Anugerah Pariwisata Kota Bogor 2016, di Hotel Salak Bogor tersebut, Hotel The Mirah dan Rumah Sakit Salak juga mendapat penghargaan yang sama untuk ranah hotel dan rumah sakit. Para pemenang lomba mendapat piala dan prasasti dari Wali Kota Bogor, serta uang pembinaan sebesar Rp10.000.000 untuk setiap ranah.

Desi Natalia, Ketua Panitia Lomba, mengatakan bahwa Lomba Pemartabatan Bahasa Negara bertujuan untuk menertibkan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik yang sudah karut marut. “Para pemilik tempat usaha diharapkan lebih mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik, sesuai dengan UU Kebahasaan RI nomor 24 Tahun 2009”, kata Desi.

Sementara itu,  Abdul Khak, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, dalam sambutannya mengatakan bahwa Balai Bahasa Jawa Barat bekerja dengan Dinas Pariwisata Kota Bogor mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengembalikan ruang publik Indonesia menjadi tempat hidupnya bahasa Indonesia. “Kalau kita memang cinta bahasa Indonesia, mari kita utamakan bahasa Indonesia. Jangan sampai kita terjajah melalui bahasanya karena pelan-pelan bahasa Indonesia disingkirkan,” kata Abdul Khak.

Salah satu bentuk pemartabatan bahasa negara yang dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Geprek Istimewa Kota Bogor mengganti bahasa asing dengan bahasa Indonesia.
Salah satu bentuk pemartabatan bahasa negara yang dilakukan oleh Rumah Makan Ayam Geprek Istimewa Kota Bogor mengganti bahasa asing dengan bahasa Indonesia.

Kota Bogor merupakan kota terakhir dalam kegiatan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara tahun 2016. Sehari sebelumnya, Kepala Balai Bahasa Jabar juga menyerahkan penghargaan dan hadiah untuk para pemenang lomba di Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten Bandung Barat, penghargaan diberikan kepada Kota Baru Parahyangan (ranah perumahan), Farm House Susu Lembang (ranah tempat wisata), Kampung Daun (ranah rumah makan), Hotel Mason Pine (ranah hotel), dan Ramayana (ranah pusat perbelanjaan).

Di tahun 2016, Balai Bahasa Jawa Barat kembali menyelenggarakan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara  di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat, di antaranya di Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.