Mahasiswa Unikom, UPI, dan Unpas Ber-UKBI

Sebanyak 49 mahasiswa yang berasal dari tiga perguruan tinggi di Kota Bandung, yaitu Unikom, UPI, dan Unpas melaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di aula Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung. UKBI dilaksanakan pada Selasa, 7 Februari 2017 dengan menggunakan soal uji standar. Untuk diketahui bahwa UKBI merupakan persyaratan akademik yang wajib dipenuhi oleh para mahasiswa dari ketiga perguruan tinggi tersebut.

Beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat memang sudah menjadikan UKBI sebagai persyaratan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswanya. Bahkan, ada perguruan tinggi yang menentukan batas nilai minimal skor UKBI untuk mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 sebagai syarat untuk dapat menjalani sidang akhir.

para mahasiswa dari Unikom, UPI, dan Unpas Bandung ber-UKBI di aula Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.
Mahasiswa dari Unikom, UPI, dan Unpas Bandung ber-UKBI di aula Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.

Dalam penyelenggaraan UKBI, Unikom, UPI, dan Unpas Bandung merupakan perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Barat dalam pelaksanaaan UKBI bagi para mahasiswanya. Selain ketiga perguruan tinggi tadi,  Politeknik Negeri Bandung, Unsur Cianjur, Unsil Tasikmalaya, Unswagati Cirebon, STKIP Garut, dan STKIP Siliwangi Cimahi juga sudah bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Barat, sebagai penyelenggara UKBI di Jawa Barat, dalam meguji kemahiran berbahasa Indonesia mahasiswa mereka melalui UKBI.

Dindin Samsudin, salah seorang Tim UKBI Balai Bahasa Jabar menginformasikan bahwa masyarakat yang ingin mengukur kemahiran berbahasa Indonesia melalui alat UKBI dapat langsung mendaftarkan diri ke Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung tanpa dipungut biaya. Jadwal lengkap pelaksanaan UKBI Balai Bahasa Jawa Barat pada tahun 2017 dapat dilihat di  Layanan UKBI.