Kerja Sama Kebahasaan: Balai Bahasa Jawa Barat dan Universitas Islam “45” (Unisma) Bekasi

Bertempat di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11, Bandung pada 20 April 2017 Kepala Balai Bahasa Jawa Barat bersama Dekan Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa (FKSB) Unisma Bekasi menandatangani piagam kerja sama. Kedua belah pihak sepakaDSC_0852t untuk menjalin kerja sama kebahasaan dalam bidang penelitian, penyuntingan naskah, publikasi, dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Dalam sambutannya, Dekan FKSB, Endang S. Priyatna, M.A. mengemukakan pihaknya sepakat dengan pernyataan Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum. bahwa tindak lanjut pasca penandatanganan kerja sama lebih penting untuk dilakukan.

Acara penandatanganan kerja sama itu dilaksanakan dengan sederhana. Turut dalam rombongan FKSB Unisma Bekasi, antara lain, Wakil Dekan FKSB Unisma, Saepudin, M.Soc.Sc, Kepala Program Studi Sastra Inggris, Novita Puspahaty, M.Hum., dan Reza A. Adhara, staf pengajar. FKSB adalah satu dari tujuh fakultas jenjang sarjana di Universitas Islam “45”. Kerja sama ini terjalin karena terdapat beberapa irisan visi, misi, dan sasaran antarkedua lembaga tersebut. Di antara irisan itu adalah bahwa kedua lembaga memiliki perhatian pada pengembangan kualitas insan akademik di bidang penggunaan bahasa dan apresiasi sastra/budaya luhur Jawa Barat.

Seusai acara penandatanganan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi tentang peluang teknis kerja sama. Beberapa peluang yang dapat dilakukan, antara lain, dalam aspek penerjemahan, penyuntingan, seminar, lokakarya, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, penerbitan, penelitian, kepenulisan, dan BIPA. Semoga peluang kerja sama tersebut dapat diwujudkan dalam agenda tahunan kedua lembaga.

DSC_0862
Sumber terkait:
http://www.unismabekasi.ac.id/fksb/ilmu-komunikasi-s1/
http://www.unismabekasi.ac.id/fksb/sastra-inggris-s1/
http://www.unismabekasi.ac.id/statuta-unisma/