Moegiri

Moegiri (Mugiri) adalah novel Sunda karya Yuhana. Novel ini diterbitkan di Bandung pada tahun 1928 oleh penerbit Kusnadi. Tradisi penerbitan novel, secara umum biasanya terjadi setelah novel tersebut dipublikasikan di majalah dalam bentuk cerita bersambung,  Mugiri, sebaliknya dari tradisi tersebut. Awalnya, Mugiri terbit dalam bentuk novel, berikutnya diterbitkan ulang dalam majalah yang bernama majalah Sunda dalam bentuk cerita bersambung. Penerbitan Mugiri sebagai cerita bersambung dalam majalah Sunda tersebut  terjadi pada bulan Oktober 1965. Kemudian, pada tahun 1960, Mugiri mengalami cetak ulang dan terbit kembai dalam bentuk buku sebagai cetakan kedua.

Melihat riwayat penerbitan Mugiri yang berkali-kali dapat dikatakan bahwa novel ini cukup menarik. Kemenarikannya tidak hanya untuk pembaca awam, tetapi juga para kritikus. Hal itu terbukti dari deretan hasil karya penelitian dan pengkajian beberapa pakar sastra terhadap Mugiri.  Hasil penelitian itu, antara lain yang berjudul Karya-Karya Yuhana yang Bertema Protes Sosial karya Ajip Rosidi (1969, 1983), Yuhana sebagai Pengarang oleh Tini Kartini (1979), Novel Yuhana: Menolak Pergaulan Tanpa Batas oleh M.A. Salmun (1963), dan Struktur Novel-Novel Yuhana oleh Iskandar Wassid (1979).

Mugiri, judul novel ini diambil dari salah seorang tokoh yang berperan di dalamnya. Meskipun sebagai judul novel, Mugiri bukanlah protagonisnya. Yang berperan utama di dalam novel ini adalah Siti Rakhmah. Di jalan Cipaganti, daerah Bandung Utara terdapat sebuah rumah mungil dengan halaman yang luas. Di sanalah Raden Surya dan istri serta seorang putri tunggalnya yang bernama Siti Rakhmah tinggal.