Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia. Perlu diketahui bahwa sebuah bahasa dapat dikatakan modern jika memiliki tiga hal: tatabahasa, kamus, dan alat uji. Bahasa Indonesia sudah dapat dikatakan sebagai bahasa modern karena telah memiliki ketiga hal tadi.

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis yang dikembangkan oleh Badan Bahasa. Dengan UKBI seseorang dapat mengetahui mutu kemahirannya dalam berbahasa Indonesia. UKBI merupakan tes berbahasa Indonesia yang berstandar nasional dan berpeluang internasional.

Namun demikian, hingga kini belum semua lapisan masyarakat Jawa Barat mengenal dan mengetahui adanya UKBI. Balai Bahasa Jawa Barat sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Bahasa melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya, yaitu pembinaan bahasa Indonesia kepada masyarakat di Provinsi Jawa Barat. Sosialisasi dan UKBI merupakan salah satu program dari kegiatan pembinaan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Febuari s.d. April 2016.