21 Homograf yang akan Membuat Teman Facebookmu Menggaruk-garuk Kepala

 

Oleh Jennifer Frost

Hadapilah – Bahasa Inggris adalah bahasa yang tidak masuk akal. Tidak ada ham (daging babi) dalam hamburger, tidak ada egg (telur) dalam eggplant (terung), atau tidak ada apple (apel) dan pine (pinus) dalam pineapple (nanas). French fries (kentang goreng) bukan ditemukan di Prancis dan English muffins (muffin Inggris) bukan ditemukan di Inggris. Selanjutnya, quicksand (pasir isap) tidak bergerak cepat tetapi perlahan-lahan, guinea pig (marmot) bukan berasal dari Republik Guinea dan juga bukan seekor babi.

Bahasa inggris juga merupakan bahasa yang konyol. Maksud saya, orang normal seperti apa yang mau menciptakan dua kata dengan ejaan yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda? Tentu saja saya sedang membicarakan soal homograf yang menjengkelkan. Contohnya:

“He wound up the clock with ease, even though he had a wound to his right hand.” (“Dia memutar jam dengan mudah, meskipun tangan kanannya terluka.”)

Betapa Konyolnya!

Tentu saja kamu dapat dan mungkin saja akan menulis ulang kalimat tersebut untuk menghindari homograf. Namun ada masanya ketika kita terjebak dalam situasi tersebut, kita terkadang menemukan kalimat yang mengandung homograf.

Sekarang, sebelum kita terjun ke dalam daftar homograf untuk kesenangan gramatikal, camkan dalam pikiran bahwa sebuah homograf yang juga dilafalkan berbeda disebut heteronim. Oh iya.. jangan juga melupakan homofon,  yaitu ketika dua kata atau lebih mempunyai lafal yang sama tetapi memiliki arti yang berbeda, dan mungkin tidak dieja dengan cara yang sama.

Satu hal lagi… homograf, heteronim, dan homofon adalah merupakan bagian dari homonim yang diartikan sebagai dua kata atau lebih yang mempunyai ejaan yang sama, atau sama pelafalannya, atau keduanya tetapi memiliki arti yang berbeda.

Bingung? Jangan khawatir. Temanmu juga akan menggaruk-garuk kepala ketika kamu menulis 21 bentuk homograf berikut dalam Facebook kamu:

  1. Rita was too close to the door to close it. (Rita terlalu dekat ke pintu untuk menutupnya.)
  1. Dan’s wife said she should polish the Polish furniture on a regular basis. (Istri Dan berkata bahwa dia harus memoles furnitur Polandia secara teratur).
  2. I did not object to the object in question. (Saya tidak keberatan dengan objek pertanyaaan).
  3. There is no time like the present to present a friend with a present. (Tidak ada yang seperti saat ini untuk memperkenalkan seorang teman yang membawa hadiah).
  4. The vegetable farm was asked to produce organic produce for the local community. (Perkebunan sayuran diminta memproduksi produk organik untuk komunitas lokal).
  5. Unfortunately the insurance was invalid for the invalid. (Sayangnya, asuransi tidak berlaku untuk orang yang cacat).
  6. The dog lead was dangerous because it was made of lead. (tali pengekang anjing itu berbahaya karena terbuat dari timbal).
  7. I had to hide the animal hide before my vegetarian friend came to dinner. (Saya harus menyembunyikan kulit binatang ini sebelum teman saya yang vegetarian datang).
  8. A seamstress and a sewer fell down into a sewer (Seorang penjahit perempuan dan penjahit laki-laki jatuh ke dalam pipa saluran pembuangan).
  9. There was a row between the oarsmen about how to row (Terdapat perdebatan antara para pendayung mengenai bagaimana cara mendayung yang benar).
  10. The wind was too strong to wind the sail. (Anginnya terlalu kencang untuk memutar layar perahu)
  11. She shed a tear upon seeing the tear in the painting. (Dia meneteskan air mata karena melihat sobekan di lukisannya).
  12. The soldier had to desert his platoon in the desert. (Prajurit itu harus meninggalkan peletonnya di gurun pasir).
  13. I had to subject the subject to a series of tests. (Saya harus mengalahkan penyebab terjadinya serangkaian ujian).
  14. The buck does get rather excited when the does are around. (Rusa jantan menjadi lebih lincah ketika ada rusa betina di dekatnya).
  15. The dump was so full it had to refuse more refuse. (Penampungan sampahnya sangat penuh sehingga harus menolak sampah yang datang).
  16. To help plant the seeds the farmer taught his sow to sow. (Untuk membantu menanam benih petani mengajarkan babi betinanya cara menanam).
  17. The contract was subject to the term that I didn’t contract an illness within the first two months. (Kontraknya mempunyai pernyataan bahwa saya tidak menderita suatu penyakit dalam jangka waktu dua bulan pertama).
  18. It took me a minute to locate the minute hole in the fence. (Saya hanya memerlukan waktu sekejap saja untuk menemukan lubang kecil dip agar).
  19. After months of procrastination, Helen decided to resume writing her resume. (Setelah penundaan berbulan-bulan, Helen memutuskan untuk mulai menulis kembali biodata/resumenya.
  20. I shall stop here because I am content with this content! (Saya harus berhenti sekarang karena saya puas dengan isinya!).

 

Sumber: https://www.grammarcheck.net/homographs/

Diterjemahkan oleh Taufiq Awaludin