Penyuluhan Bahasa Indonesia kepada Guru MTs & MA di Kabupaten Sukabumi

Guru bahasa Indonesia tingkat MTs dan MA yang ada di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi diberikan penyuluhan Bahasa Indonesia oleh Balai Bahasa Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung secara maraton dari tanggal 11 s.d. 14 September 2017, di aula Kantor Kemenag Kab. Sukabumi, Jalan Pelabuhan II Km 6,  Lembursitu, Sukabumi. Kegiatan yang bertema “Meningkatkan Pengetahuan Kebahasaan untuk Menunjang Profesionalitas Guru” ini diikuti sekitar 120 orang guru.

Materi yang diberikan dalam penyuluhan ini adalah Kebijakan Bahasa dan Diksi Bahasa Indonesia, Ejaan Bahasa Indonesia, dan Kalimat efektif. Para penyuluh dalam kegiatan ini adalah Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Drs. Sutejo, dan para staf teknis di Balai Bahasa Jawa Barat, yang terdiri atas Umi Kulsum, M.Hum., Asep Rahmat Hidayat, M.Hum., dan Nandang Rudi Pamungkas, S.Pd.

Para peserta penyuluhan di Kabupaten Sukabumi.

Siswanto, S.S. salah seorang panitia kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan dengan pola 16 jam ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi untuk mengembangkan wawasan dalam hal kebahasaan, meningkatkan kompetensi guru dalam pelajaran bahasa Indonesia, serta menumbuhkan sikap positif guru terhadap bahasa Indonesia dalam rangka pemantapan karakter bangsa.

“Para guru bahasa Indonesia di lingkungan Kemenag Kabupaten Sukabumi sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena mereka jarang bahkan ada yang belum pernah mendapat penyuluhan seperti ini. Dari kegiatan ini, mereka memperoleh informasi dan pengetahuan kebahasaan terbaru”, tambah Siswanto.

Selain di Kabupaten Sukabumi, selama 2017, Balai Bahasa Jawa Barat juga di antaranya sudah melaksanakan kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia kepada Guru MTs dan MA yang ada di Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, Kabupaten Bekasi, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Depok, dan Kabupaten Subang.