Zainal Saiful Amir dan Azharra Aninda Putri Al Farid Menjadi Duta Bahasa Jawa Barat 2017

Zainal Saiful Amir dan Azharra Aninda Putri Al Farid akhirnya terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2017 dalam seleksi tahap final yang berlangsung  di Hotel Travello Bandung, Kamis, 20 Juli 2017. Kedua mahasiswa UPI tersebut berhasil meraih juara pertama setelah bersaing dengan 28 peserta lainnya yang lolos seleksi tahap final.

Dengan prestasinya itu, Zainal Saiful Amir dan Azharra Aninda Putri Al Farid selain menerima hadiah tropi dan uang tunai Rp5.000.000, juga akan mewakili Jawa Barat di ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional pada Agustus 2017.  Di tingkat nasional, Jawa Barat pernah meraih prestasi yang gemilang sebagai juara tingkat nasional pada tahun 2015.

Tujuan pemilihan Duta Bahasa tahun 2017 di antaranya adalah untuk mencari tunas muda yang dapat mempengaruhi masyarakat agar menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional. Selain itu, ajang ini diharapkan dapat membangkitkan dan  meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mencintai bahasa Indonesia dengan keragaman bahasa daerah sebagai aset bangsa.

Ade Mulyanah, Ketua Panitia, mengatakan bahwa pemenang duta bahasa telah melalui beberapa tahap seleksi yang sangat ketat, yaitu seleksi esai dengan tema “Peranan Duta Bahasa sebagai Ikon Berbahasa dan Penjaga Kebhinekaan”, uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI), menulis esai dalam tiga bahasa (Indonesia, daerah, asing), tes wawancara, tes kemampuan bakat dan seni, serta tes bahasa dan presentasi di babak final.

Zainal Saiful Amir dan Azharra Aninda Putri Al Farid terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2017.

Ade menambahkan bahwa kegiatan “Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat” merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyelenggaraan “Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat Tahun 2017” merupakan kegiatan tahun ke-12. “Pendaftar duta bahasa 2017 berjumlah 396 orang yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Mereka berasal dari berbagai instansi, universitas, dan berbagai jurusan, di antaranya seni, teknik, bahasa, kedokteran, agama, bisnis, psikologi, dan  komunikasi,” kata Ade.

 Dalam babak final yang berlangsung sangat meriah tersebut, juara II diraih oleh Yusra Alfarizi (Institut Teknologi Bandung) dan Wine Anita Tesa (Universitas Pendidikan Indonesia), Juara III Ahmad Kevin Ridho Al Khudri  (Universitas Padjadjaran) dan Nadhira Audrelya Artana (Universitas Padjadjaran), Harapan I Binar Saha Guna (Telkom University) dan Hikmah Nur Insani (Universitas Pendidikan Indonesia), dan Harapan II diraih Fahmi Nugraha Heryanto (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Siti Khumairotuzzahra (Universitas Negeri Jakarta).