Rilis Pers Duta Bahasa Jawa Barat 2017

Kegiatan Final Duta Bahasa Jawa Barat 2017

Kegiatan “Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat” merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyelenggaraan “Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat Tahun 2017” merupakan kegiatan tahun ke-12. Penyelenggaraan pertama dilaksanakan tahun 2006. Pada tahun 2015, Jawa Barat meraih prestasi yang gemiang sebagai juara tingkat nasional.
Pendaftar duta bahasa 2017 berjumlah 396 orang. Peserta tersebut berasal dari berbagai instansi, universitas, dan berbagai jurusan (seni, teknik, bahasa, kedokteran, agama, bisnis, psikologi, komunikasi, dst). 396 peserta berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Berikut profil pendaftar berdasarakan kategori wilayah, bahasa daerah, dan sebagian bahasa asing.
Rangkaian kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2017 dilakukan dalam berbagai tahap. Tahapan tersebut adalah sebagai berikut.
(1) Tahap pertama, yaitu seleksi esai dengan tema “Peranan Duta Bahasa sebagai Ikon Berbahasa dan Penjaga Kebhinekaan”. Unsur penilaian esai adalah: diksi, ejaan, gagasan/ide, dan tata kalimat. Peserta yang lolos pada tahap pertama berjumlah 100 orang, yang terdiri atas 55 putri dan 45 putra.
(2) Seleksi tahap kedua, yaitu 100 peserta tersebut telah mengikuti tiga rangkaian tes, yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), menulis esai dalam tiga bahasa (bahasa Indonesia, bahasa daerah [bahasa Sunda, bahasa Melayu Betawi, dan bahasa Jawa Cirebon], dan bahasa asing), serta wawancara. Seleksi tahap kedua telah menyaring 30 finalis untuk masuk ke tahap ketiga, yaitu tahap final. Kemudian dari 50 semifinalis telah disaring menjadi 30. Finalis yang lolos dari tahap kedua telah mengikuti kegiatan dan beberapa rangkaian seleksi lainnya, yaitu
• mengikuti acara pembekalan tanggal 17 sampai 18 Juli 2017. Materi pembekalan terdiri atas pengetahuan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), Diksi, Tata Kalimat, Bahasa Indonesia untuk Pewara, Pengindonesian Istilah Asing, Wawasan Kebangsaan dan Kemampuan Wicara Publik (Public Speaking);
• mengikuti tes kemampuan seni dan budaya pada acara Malam Bakat tanggal 15 Juli yang dilaksanakan di Saung Angklung Udjo;
(3) Seleksi tahap ketiga,yaitu mengikuti acara final yang terdiri atas tes bahasa dan presentasi pada acara final pada hari ini tanggal 20 Juli 2017 bertempat di Hotel Travello Bandung. Pada hari ini akan dipilih juara 1 sampai juara harapan 2 (untuk kategori putra dan putri). Tahun ini pemilihan duta bahasa juga akan memilih duta bahasa media sosial.
(4) Pemenang pertama putra dan putri tersebut akan mewakili Jawa Barat di ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional pada tanggal 13 Agustus sampai 18 Agustus 2017.
Demikian laporan singkat kegiatan “Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2017”.
Bandung, 20 Juli 2017
Panitia