Pelatihan Metodologi Pengajaran BIPA di Kota Bogor

Para pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang ada di Kota Bogor diberikan pelatihan metodologi pengajaran BIPA oleh Balai Bahasa Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung secara maraton dari tanggal 25 s.d. 28 September 2017, di aula FKIP Universitas Pakuan, Jalan Pakuan Nomor 1 Bogor.

Kegiatan yang bertema “Mewujudkan Pengajar BIPA yang Profesional” ini diikuti sekitar 80 orang pengajar BIPA yang berasal dari FKIP Unpak, FISIB UNPAK, IPB, STKIP, Universitas Ibnu Kholdun, dan Lembaga BIPA Bogor. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Unpak, Drs. Deddy Sofyan, M.Pd.

Peserta pelatihan berfoto bersama panitia dan narasumber.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah Dasar Pemilihan Bahan Ajar, Metodologi Pengajaran, Media Pembelajaran, dan Rencana Pengajaran. Sementara itu, narasumber dalam kegiatan ini adalah Ade Mulyanah, S.Pd., M.Hum., dan Dra. Lilis Siti Sulistyaningsih, M.Pd.

            Dessie Natalia, panitia kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan metodologi pengajaran BIPA untuk pengajar bahasa asing  bertujuan untuk memberikan meningkatkan kompetensi pengajar BIPA, meningkatkan pemahaman pengajar BIPA dalam pelaksanaan tugas, dan mengumpulkan informasi mutakhir mengenai perkembangan pengajaran bahasa Indonesia. “Pelatihan ini juga bertujuan membuat jaringan untuk pengajar BIPA”,  tambah  Dessie.