Rumah Makan Angsana Juara Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Tasikmalaya

Rumah Makan Angsana menjadi pemenang pada Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Tasikmalaya 2017. Pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada para pemenang diberikan langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya,  Drs. H. Budi Budiman, selepas upacara hari jadi ke-16 Kota Tasikmalaya, Selasa, 17 Oktober  2017, di halaman Balai Kota Pemkot Tasikmalaya.

Perlombaan penggunaaan bahasa di ruang publik diselenggarakan atas kerja sama Balai Bahasa Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil dan rekomendasi Lokakarya Penggunaan Bahasa Negara di Ruang publik yang dilaksanakan di Bandung tahun 2015 lalu. Salah satu rekomendasi dari lokakarya 2015 lalu adalah bahwa pemerintah perlu memberikan penghargaan kepada pelaku usaha, tokoh, dan media yang telah menunjukkan sikap yang positif terhadap bahasa Indonesia untuk menciptakan semangat berkompetisi yang sehat dan berkesinambungan.

Para Pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik Kota Tasikmalaya 2017.

Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kota Tasikmalaya 2017 diikuti oleh peserta dari ranah hotel, rumah makan, dan tempat wisata. Hotel Harmoni dan Teejay Water Park mendapat penghargaan untuk ranah hotel dan tempat wisata. Para pemenang lomba selain mendapat piala dan uang pembinaan sebesar Rp10.000.000 untuk setiap ranah, juga mendapat prasasti “Kawistara Tasik Kota Resik” dari Wali Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, pada Sabtu, 14 Oktober 2017, pengumuman dan penghargaan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara juga dilaksanakan di Kabupaten Indramayu. Penyerahan hadiah kepada para pemenang bertempat di Alun-alun Indramayu pada acara penutupan Festival Tjimanoek 2017, dalam rangkaian Peringatan hari jadi ke-490 Kabupaten Indramayu.

Di Kabupaten Indramayu,  Lomba Pemartabatan Bahasa Negara dilaksanakan untuk   ranah hotel, tempat perbelanjaan, dan rumah sakit. Sekretaris Daerah Kab. Indramayu, Ahmad Bahtiar, S.H., menyerahkan Piala, Prasasti “Kawistara Remaja”, dan juga uang pembinaan sebesar Rp10.000.000 kepada Hotel Wiwi Perkasa (hotel), Toserba Yogya Indramayu (tempat perbelanjaan), dan RS MM Indramayu (rumah sakit) yang menjadi pemenang dalam lomba tersebut.

Lomba Pemartabatan Bahasa Negara bertujuan untuk menertibkan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik yang sudah karut marut. Para pemilik tempat usaha diharapkan lebih mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik, sesuai dengan UU Kebahasaan RI nomor 24 Tahun 2009.

Penyerahan Prasasti dan Piala kepada para pemenang Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik Kabupaten Indramayu.

Pada tahun 2017 ini, Balai Bahasa Jawa Barat juga sedang menyelenggarakan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara di Kabupaten Garut, Kota Bekasi, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor.