Simposium dan Forum Naskah Teater

Dalam rangka kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada tanggal 20 s.d. 21 Oktober 2017 menggelar Simposium dan Forum Naskah Teater yang bertempat di aula Sasadu, gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah selain untuk membuka dialog dan medan penulisan naskah teater yang beragam, juga untuk mendokumentasikan dan memproduksi naskah teater yang telah diakurasi sebagai buku dan produk pertunjukan. Pada kesempatan tersebut, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa juga bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ)  menggelar Anugerah Rawayan  (Rawayan Award).

Resti Nurfaidah, peneliti dari Balai Bahasa Jabar, yang hadir dalam kegiatan tersebut menginformasikan bahwa para panelis yang dihadirkan dalam simposium tersebut adalah Arthur S. Nalan (ISBI Bandung), Ibed Surgana Yuga (ISI Yogyakarta), John Couteau (pengamat teater), dan Retno Dwimarwati (ISBI Bandung).  Arthur menyampaikan makalah berjudul “Membumikan yang Asing, Memanfaatkan Local Genius, Mengemas Realitas Urban: Membaca Lakon-Lakon Kreasi N. Riantiarno”. Kemudian, Ibed menyampaikan makalah yang berjudul “Modus Pinjam Raga Heru Kesawa Murti”. Sementara itu, pengamat teater, John Couteau, membawakan makalah berjudul “Memaknai Watugunung dan Oidipus Raja Sebagai Mitos Tentang Waktu yang Melampaui Waktu” dan Retno Dwimarwati menyampaikan makalah berjudul Religiositas Saini KM dalam Lakon Babad.

Pengumuman pemenang anugerah Rawayan.

Sementara itu, dalam Forum Naskah Teater diisi dengan kegiatan diskusi ilmiah yang menampilkan Afrizal Malna, Asia Ramli Prapanca, Autar Abdillah, dan Yusril Katil. Tema diskusi diarahkan pada proses penilaian naskah drama dalam penganugerahan Rawayan. Dari 203 naskah yang masuk terpilih 13 naskah terbaik. Ketigabelas penulis naskah tersebut akan mendapatkan anugerah Rawayan pada puncak peringatan Bulan Bahasa, 28 Oktober 2017.

Dalam kegiatan Forum Teater, dimeriahkan juga oleh dramatic reading yang menampilkan latar musik dari kelompok Flukemininmix. Forum tersebut ditutup dengan penampilan sensation music performance dari Flukemininmix.