Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar Masuk 10 Besar Media Berbahasa Indonesia Terbaik 2017

Harian Umum Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar masuk ke dalam sepuluh besar media cetak yang mendapat predikat media cetak dengan bahasa Indonesia terbaik tingkat nasional tahun 2017. Penganugerahan tersebut diberikan dalam puncak hari Bahasa dan Sastra, Gerakan Literasi Nasional, di Graha Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud, Jakarta, Sabtu, 28 Oktober 2017. Sementara itu, dalam acara yang sama Koran Tempo dan Kompas juga diberikan penghargaan sebagai media cetak berdedikasi dalam berbahasa Indonesia.

Penyerahan penghargaan diselenggarakan bersamaan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda 2017 dan pencanangan Gerakan Literasi Nasional, serta peluncuran produk Badan Bahasa. Perlu diketahui bahwa dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Jakarta menyelenggarakan kegiatan Penilaian Penggunaan Bahasa di Media Masssa Cetak Tingkat Nasional 2017. Desie Natalia yang menjadi panitia di Balai Bahasa Jawa Barat mengatakan bahwa sesuai dengan permintaan dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Jakarta, Balai Bahasa Jawa Barat mengirimkan kliping dari beberapa media cetak di Jawa Barat  kepada Panitia Penilaian Penggunaan Bahasa di Media Cetak di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk diberikan penilaian.

Hermawan Aksan (Tribun Jabar) sedang menerima penghargaan dari Mendikbud, Muhajir Effendi.

Pikiran Rakyat dan Tribun Jabar akhirnya menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi. Penghargaan tersebut sebagai apresiasi bagi media di Indonesia dengan harapan terus meningkatan mutu penggunaan bahasa Indonesia di media massa. Berikut ini peringkat media massa cetak berbahasa Indonesia terbaik 2017 selengkapnya.

  1. Media Indonesia
  2. Pikiran Rakyat
  3. Bisnis Indonesia
  4. Jawa Pos
  5. Lampung Post
  6. Republika
  7. Warta Kota
  8. Tribun Jabar
  9. Suara Pembaruan
  10. Banjarmasin Post