5 Alasan yang Membuat Bahasa Slang Penting  bagi Pemelajar Bahasa

Oleh Gloria Kopp

Ketika mempelajari sebuah bahasa, sangatlah penting untuk memahami definisi yang ada dalam buku dan memahami bagaimana bahasa tersebut digunakan. Buku pelajaran memberikan peran penting dalam proses pembelajaran sedangkan berbicara dengan penutur asli dalam kehidupan yang nyata dan melibatkan diri dalam penggunaan bahasa adalah satu-satunya cara untuk membuatmu fasih.

Untuk menjadi benar-benar fasih, kamu juga harus mempelajari bahasa slang. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dalam mempelajari bahasa slang dalam bahasa yang sedang kamu pelajari. Lima keuntungannya adalah sebagai berikut:

  1. Membuatmu tetap kekinian dan memahami dialek lokal

Mempelajari sebuah bahasa bukan hanya sekadar membaca buku pelajaran dan mempelajari bagaimana cara mengungkapkan kembali apa yang sudah dipelajari. Buku pelajaran memberikan pemelajar bahasa pengetahuan dasar, termasuk aturan bahasa, utamanya mengenai kata sifat dan kata benda. Agar menjadi benar-benar fasih, seorang pemelajar bahasa harus mengetahui bagaimana caranya untuk bisa tetap kekinian.

“Belajar bahasa slang dalam suatu bahasa akan membuatmu tetap kekinian dalam kemampuan berbicara, dan memungkinkan untuk melakukan percakapan yang fasih dengan masyarakat dari semua generasi”, ungkap Mary Walton, seorang peneliti dari SimpleGrad. Hal ini juga dapat membantumu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh bagian yang ada di dalam negara tersebut. Memahami bahasa slang berarti kamu akan memahami variasi dalam bahasa tersebut, juga dialek yang berbeda-beda yang ada di negara tersebut.

  1. Membantu Menghindari Kecerobohan

Jika kamu tidak memahami bahasa slang dalam bahasa yang kamu pelajari, kamu sedang membuka diri untuk melakukan kecerobohan yang fatal. Contohnya, dalam bahasa Spanyol terdapat banyak kata yang dapat digunakan dengan salah jika kamu tidak mengetahui bahasa slang modern. seperti dalam buku pelajaran kata “estupido” hanya mempunyai arti “stupid” dalam bahasa Inggris, tetapi bagi orang Spanyol “estupido” merupakan kata celaan yang lebih serius dibandingkan “stupid” dalam bahasa Inggris.

Jika kamu tidak memahami nuansa yang ada dalam bahasa, dan banyaknya bahasa slang, maka akan memungkinkaan terciptanya situasi sosial yang janggal, seperti mencela seseorang atau mengatakan sesuatu yang tidak semestinya secara tidak sengaja.

  1. Menciptakan Rasa Memiliki

Jane Reed, seorang peneliti dari Paper Fellows berkomentar “Bahasa slang digunakan untuk menciptakan rasa memiliki dan membantu membentuk suatu komunitas. Seperti dialek lokal, kelompok orang yang berada dalam suatu daerah tertentu akan menggunakan bahasa slang untuk membuat mereka merasa sebagai bagian dari kelompok tersebut”. Jika kamu mencoba untuk terlibat dalam kehidupan masyarakat setempat, ketika tinggal di suatu negara dan berlatih menggunakan bahasanya, sangatlah penting untuk memahami bahasa slangnya. Tanpa itu, kamu akan merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat dan menemukan rasa memiliki, dan hal ini sangatlah penting dalam proses pemelajaran bahasa.

  1. Membantu dalam Mempelajari Sejarah Daerah Setempat

Mempelajari bahasa slang sebenarnya membuka pintu untuk mempelajari sejarah setempat. Karena kamu belajar bahasa dan kamu juga diajarkan mengenai bahasa slang setempat, kamu tidak hanya meningkat dalam kemampuan berbicara tetapi kamu juga akan betul-betul terlibat dalam bidang sejarah.

Untuk memahami bagaimana bahasa slang digunakan, kamu harus memahami sejarah dan konteks. Ketika kamu menenukan beberapa bahasa slang yang baru, maka kamu akan mempelajari lebih banyak mengenai suatu daerah dan meningkatkan pemahamanmu mengenai masyarakat setempat dalam waktu yang bersamaan.

  1. Membangkitkan Perasaan

Yang terakhir, haruslah diingat mengenai bagaimana pentingnya bahasa slang dalam suatu bahasa, karena dapat membangkitkan perasaan. Ketika berbicara kepada teman atau keluarga mengenai suatu permasalahan yang serius, akan cukup sulit untuk benar-benar mengekspresikan perasaanmu jika hanya menggunakan bahasa kamus.

Coba pikirkan mengenai hal-hal yang paling membuatmu stres, kesulitan, bahagia, atau perasaan umum lainnya dalam hidupmu. Ketika kamu berusaha untuk mengekspresikan perasaanmu, kebanyakan orang akan menggunakan bahasa slang untuk menjelaskan cara berpikir dan bagaimana perasaan mereka. Hal ini juga berlaku ketika kamu berbicara dengan bahasa yang lain.

Mempelajari bahasa slang setempat membuatmu lebih baik dalam mengekspresikan dirimu, dan itu merupakan kunci dalam situasi sosial.

Mengenai Penulis

Gloria Kopp adalah seorang penulis isi laman dan seorang konsultan e-pembelajaran dari Kota Manville. Dia merupakan lulusan dari Universitas Wyoming dan memulai karirnya sebagai penulis bisnis. Sekarang dia bekerja sebagai editor blog paruh waktu di Essayroo dan UKwritings. Selain itu, dia juga merupakan kontributor tetap untuk laman Engadget, AustralianHelp, Huffingtonpost, dan lain-lain.

sumber: http://www.omniglot.com/language/articles/whyslangisimportant.htm

Diterjemahkan oleh: Taufiq Awaludin