Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut untuk Menulis dalam Bahasa Asing

Oleh Michael Yarbrough

Menulis adalah suatu kebiasaan yang berguna. Menulis dapat merangsang otak dan memberi kebebasan kepada Anda untuk mengungkapkan ide-ide dan pendapat. Ketika Anda menulis, Anda mulai berpikir secara logis dan mengetahui bagaimana pemikiran yang berbeda saling berhubungan. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dengan cara menulis dan menerangkan sesuatu, Anda bahkan mungkin menemukan jalan keluar dari berbagai masalah yang sedang Anda hadapi. Namun, ketika sampai pada menulis dalam bahasa asing, Anda mungkin merasa bahwa jangankan menulis, idenya saja sudah menakutkan. Berikut ini beberapa tip bagaimana cara mengatasi rasa takut untuk menulis dalam bahasa asing.

  1. Fokus terhadap Proses, Jangan pada Hasil

Anda merasa ketakutan ketika Anda tidak mengetahui sesuatu dan Anda ketakutan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Oleh karena itulah Anda harus fokus pada proses penulisannya dan bagaimana membuat isi tulisan Anda berkualitas tinggi dan profesional. Tentukan apa yang ingin Anda tulis. Biarkan pikiran keluar dari diri Anda. Lakukan riset terhadap sumber informasi tambahan. Hal ini akan membantu untuk memperluas pengetahuan Anda mengenai pokok materi dan melihat topik dari perspektif yang berbeda

  1. Jujur

Jujur mujur dusta binasa. Ketika Anda jujur dan terbuka akan menarik perhatian orang. Mereka suka ketika Anda berkata sesuai dengan hati Anda untuk menyampaikan emosi dan pengalaman Anda. Itulah sebabnya Anda harus berkomunikasi dengan banyak orang, menjelajah hal-hal yang baru, dan terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang baru.

  1. Berpikir dalam Bahasa Asing

Setiap kali Anda belajar bahasa asing, Anda akan berusaha untuk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa Anda. Hal itu adalah jebakan. Pertama, pelajari konteks dan bagaimana cara menggunakan kata-kata dengan tepat. Gunakan kamus deskriptif untuk mendapatkan arti suatu kata dan interpretasinya. Pelajari urutan kata dalam bahasa Inggris dan ikuti urutannya. Temukan sinonim dan antonim untuk beberapa kata agar dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap kata-kata tersebut. Perdalam pengetahuan bahasa Anda dengan idiom. Berkomiunikasi dengan penutur jati  dan membaca. Membaca akan memberi Anda kemampuan untuk membaca situasi dalam membuat bahasa Inggris Anda terdengar logis juga dapat untuk mengetahui beberapa keganjilan bahasa.

  1. Sederhanakan Pikiran Anda

Hindari kalimat kompleks. Kalimat kompleks akan membuat bingung pembaca dan mungkin cara menulis flamboyan yang berlebihan akan membuat mereka juga tidak menghiraukan tulisan Anda. Kalimat yang Anda buat harus ringkas tetapi informatif. Hindari menggunakan kalimat pasif  karena hal ini dapat melemahkan tulisan Anda. Hal tersebut membuat Anda terlihat tidak yakin bagi para pembaca. Jangan gunakan kata-kata ambigu hal itu akan menjadi penghalang untuk pembaca memahami ide Anda. Perhatikan tata bahasnya, jangan sungkan untuk menggunakan kutipan-kutipan tetapi cantumkan sumbernya. Jangan lupa untuk memeriksa ulang hasil kerja Anda mulai dari tata bahasanya, gaya, dan plagiarisme dengan beraneka macam aplikasi seperti Hemingway Editor, piranti lunak (software) pemeriksa ejaan Ginger dan pemeriksa plagiarisme.

  1. Lupakan Perfeksionisme

Menjadi seorang perfeksionis adalah kesalahan. Anda tidak akan dapat berbicara atau menulis apa yang Anda inginkan jika Anda bersikeras agar setiap kalimat yang Anda buat harus benar-benar sempurna. Tidaklah mungkin untuk dapat membuat tulisan yang sempurna jadi jangan sampai hal tersebut menahan diri Anda untuk menulis. Dari pada berfokus terhadap kesempurnaan lebih baik fokus terhadap menjadi unik. Tulisan harus mampu menyampaikan gaya dan pandangan spesifik Anda. Lakukan hal tersebut dan pembaca tulisan Anda akan menngidam-idamkan tulisan anda yang berikutnya.

Kesimpulan

Jika Anda menguasai bahasa asing, jangan ragu untuk berbicara dan menulis dalam bahasa tersebut. Jika Anda ingin menulis dalam bahasa asing, hilangkan rasa takut dalam pikiran Anda dan asahlah kemampuan menulis Anda. Faktor yang terpenting adalah belajar bagaimana berpikir dalam bahasa asing yang akan membuat Anda berada dalam jalan menuju kesuksesan.

 

diterjemahkan oleh Taufiq Awaludin

sumber: http://www.omniglot.com/language/articles/fearofwriting.htm