Mahasiswa UPI Melaksanakan PPL di Balai Bahasa Jabar

Sebanyak sepuluh mahasiswa UPI Bandung dari Program Studi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung. PPL yang berlangsung setiap hari kerja mulai 15 Januari—15 Febuari tersebut merupakan salah satu syarat wajib yang harus ditempuh mahasiswa UPI untuk menyelesaikan program studi S-1. Melalui PPL, para mahasiswa diberikan gambaran dunia kerja di suatu instansi. Selain itu, PPL juga merupakan salah satu sarana dalam memberikan pengalaman untuk bekal para mahasiswa ketika bekerja.

Balai Bahasa Jabar memang kerap dijadikan sebagai salah satu tempat praktik pengenalan dunia kerja bagi para siswa atau mahasiswa dari berbagai daerah. Dalam pelaksanaan PPL kali ini, para mahasiswa dibimbing dan diarahkan oleh Asep Juanda, M.Hum., dan Dindin Samsudin, S.S., dua staf teknis di Balai Bahasa Jawa Barat.

Dindin Samsudin, S.S., salah seorang pembimbing dalam kegiatan PPL di Balai Bahasa Jabar mengatakan bahwa para mahasiswa yang melaksanakan praktik kerja kali ini di antaranya diarahkan praktik membuat naskah siaran pembinaaan bahasa dan sastra Indonesia di radio, naskah artikel bahasa dan sastra di media massa, serta membuat berbagai naskah sebagai bahan informasi dalam Laman Balai Bahasa Jawa Barat.

Mahasiswa UPI Bandung sedang praktik menulis naskah berita dalam salah satu kegiatan PPL di Balai Bahasa Jabar.

Selain itu, para mahasiswa juga dapat terlibat dalam praktik pengolahan data penelitian bersama para peneliti di Balai Bahasa Jabar. Penelitian bahasa dan sastra, Siaran pembinaan bahasa dan Sastra Indonesia di RRI Bandung, serta Pengelolaan Laman merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan di Balai Bahasa Jabar. “Program PPL merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang baik antara Balai Bahasa Jabar dan perguruan tinggi. Kegiatan ini juga merupakan kesempatan yang baik bagi para mahasiswa UPI untuk mengaplikasikan pengetahuan dan teori yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam sebuah pekerjaan”, tambah Dindin.

Banyak harapan yang ingin didapat para mahasiswa ketika melaksanakan PPL di Balai Bahasa Jabar. Salah seorang peserta PPL, Nurul Lia, mengatakan bahwa pelaksanaan PPL di Balai Bahasa Jabar diharapkan dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang Bahasa dan Sastra terutama pengalaman dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus dan memperoleh gelar sarjana. Sementara itu, Rd. Ayunidhanti Salsabila W. mengungkapkan bahwa kegiatan PPL ini dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan diri bagi mahasiswa. “Para peserta dapat mengenal lebih banyak dunia kerja di Balai Bahasa Jawa Barat sebagai gambaran dunia kerja yang sesungguhnya’, tambah Soni Hartini. (DS).