Pendidikan Harus Dihidupi dan Disinari Kebudayaan Nasional

Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018, diperingati oleh para pegawai Balai Bahasa Jawa Barat dengan melaksanakan upacara bendera di halaman kantor Balai Bahasa Jabar, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung. Dalam upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB tersebut, semua peserta dan petugas upacara mengenakan busana tradisional.

Drs. Sutejo membacakan pidato Mendikbud dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018.

Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Drs. Sutejo, selaku pembina upacara dalam kesempatan tersebut membacakan pidato Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berkenaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018. Dalam pidatonya, Mendikbud kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh Indonesia mengatakan bahwa pada Hari Pendidikan Nasional 2018 pemerintah berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional.

Mendikbud mengungkapkan bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat. Jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia. Oleh karena itulah, pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini harus bersama-sama menyatukan tekad untuk “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan” dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

Mendikbud juga mengingatkan bahwa guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Sekolah, rumah, dan masyarakat sebagai tripusat pendidikan harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, dan gotong-royong bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa.

Di akhir pidatonya, Mendikbud mengajak para insan pendidikan dan kebudayaan untuk terus ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia.

Pegawai Balai Bahasa Jabar berfoto bersama seusai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018.