Pendampingan Bahasa bagi Media Massa di Kota Tasikmalaya

“Negara hadir untuk mendampingi produksi kata-kata di Priangan Timur”, demikian kesan spontan dari pimpinan redaksi Kabar Priangan. Kesan spontan itu muncul saat Balai Bahasa Jawa Barat (BBJB) bertandang ke Kabar Priangan, 12 April 2018. Di siang yang cerah itu, Pemimpin Redaksi Kabar Priangan Online, Duddy R.S. dan Harian Umum Kabar Priangan, M. Romli beserta staf menerima tim BBJB. Ungkapan spontan Duddy R.S. menambah cerah suasana di kantor media massa itu. Diskusi seputar penggunaan bahasa oleh para wartawan pun makin menghangat.

Sehari sebelumnya, tim BBJB telah pula berkunjung ke Radar Tasikmalaya. Di gedung Graha Pena, tim BBJB diterima oleh Pemimpin dan Sekretaris Redaksi Radar Tasikmalaya, Usep Saefulloh dan Tina Agustina beserta staf redaksi. Kehadiran BBJB di kantor Radar Tasikmalaya itu menambah semangat pimpinan redaksi untuk memperhatikan penggunaan bahasa di media massa yang dikelolanya.

Di kedua kantor media massa itu, tim BBJB dan para pimpinan redaksi berdiskusi banyak hal seputar penggunaan bahasa di media massa, terutama media massa cetak. Di tengah gelombang arus informasi dalam genggaman melalui gawai, media massa cetak tetap memiliki peran tersendiri dalam penyebaran informasi. Bahkan, sebaran informasi tetap dapat menyentuh sudut-sudut ruang baca masyarakat hingga lokasi yang tak terjangkau oleh sinyal telekomunikasi.

Dibanding media sosial, kontrol penggunaan bahasa dalam penyebaran informasi melalui media massa cetak tetap lebih terkendali. Tim redaksi setiap media massa cetak memiliki peran dalam memantau penggunaan bahasa di medianya. BBJB, atas nama negara, hadir memperkuat peran itu.

Tindak lanjut dari kunjungan di kedua media massa cetak itu adalah menganalisis data penggunaan bahasa selama satu bulan sebelumnya. Hasil analisis akan dijadikan bahan bahasan bersama antara BBJB, pimpinan redaksi, dan para wartawan. Harapan dari rangkaian kegiatan ini adalah meningkatnya mutu penggunaan bahasa Indonesia para wartawan. Wartawan sebagai produsen kata-kata.

Berita terkait dan dokumentasi:

  1. Radar Tasikmalaya.
  2. Kabar Priangan.