Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2018

Pada Kamis, 28 Juni 2018, Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Balai Bahasa Jawa Barat, Ardianto Bahtiar, membuka secara resmi kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2018 (Dubas Jabar 2018) di Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika Nomor 81, Bandung. Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh 92 peserta dari 100 peserta yang lolos seleksi tahap I Pemilihan Dubas Jabar 2018. Pemilihan Dubas Jabar 2018 yang tahun ini bertema “Eksistensi Bahasa Indonesia dan Tantangan Global” merupakan kegiatan tahunan Balai Bahasa Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutannya, Kasubbag TU Balai Bahasa Jawa Barat memberikan motivasi kepada para peserta seleksi Dubas Jabar 2018 untuk senantiasa terus menghayati salah satu lirik Indonesia Raya 3 Stanza, yaitu: “Sadarlah jiwanya, Sadarlah budinya, untuk Indonesia Raya”. Selain itu Ardianto juga menggugah para peserta seleksi Dubas Jabar 2018 untuk ikut berkontribusi pada gerakan literasi nasional. Ardianto juga mempunyai harapan yang sangat tinggi kepada semua peserta seleksi Dubas untuk tetap menjadi duta bahasa, meskipun tidak lolos tahap selanjutnya.

Ade Mulyanah, Ketua Panitia Pemilihan Dubas Jabar 2018, ketika menyampaikan laporan kegiatan.

Sementara itu, Ade Mulyanah, Ketua Panitia Pemilihan Dubas Jabar 2018, dalam laporannya mengatakan bahwa para peserta yang mendaftar memiliki prestasi yang beragam, mulai dari bidang kebahasaan, akademik, olahraga, seni budaya, keilmuan khusus, dan lainnya mulai dari skala regional, nasional, dan internasional. “Dalam bidang kepenulisan, para pendaftar juga memiliki berbagai prestasi mulai dari menulis karya sastra berupa prosa maupun puisi, mulai dari cerpen, novel, buku, jurnal, dan tulisan lain yang diterbitkan baik di media lokal, nasional, hingga internasional” kata Ade.

Ade Mulyanah menambahkan bahwa jumlah pendaftar pemilihan Dubas Jabar 2018 sebanyak 512 peserta, berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Dari jumlah tersebut sudah terpilih 100 peserta melalui seleksi berkas di tahap satu. Selanjutnya akan dilaksanakan seleksi Tahap Dua yang terdiri atas Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Kemahiran Bahasa Asing (UKBA), tes esai dalam tiga bahasa (bahasa Indonesia, bahasa daerah di Jawa Barat dan bahasa asing) dan wawancara untuk memilih 30 peserta yang berhak tampil di babak final.

Peserta Pemilihan Dubas Jabar 2018 sedang mengikuti Tes UKBI.

Selanjutnya, ketigapuluh finalis akan mengikuti pembekalan pada tanggal 5—6 Juli 2018 di Balai Bahasa Jawa Barat dan mengikuti tes bakat pada 7 Juli 2018. Pelaksanaan final akan dilaksanakan pada 9 Juli 2018. “Melalui Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2018, akan dipilih sepasang duta yang akan mewakili Jawa Barat pada Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2018 yang akan diadakan di Jakarta pada Agustus 2018”, kata Ade.