PPL MAHASISWA UIN BANDUNG DI BALAI BAHASA JABAR

Sejak Lima Juli 2018, lima mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung. PPL menjadi salah satu syarat wajib yang harus ditempuh mahasiswa untuk menyelesaikan program  S-1 di UIN. Melalui PPL, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan gambaran saat akan masuk dunia kerja. PPL mahasiswa UIN akan berlangsung selama 2 bulan penuh dari awal Juli hingga akhir Agustus 2018.

Sebelum melaksanakan kegiatan, para mahasiswa diberi pengarahan oleh Ardianto Bachtiar, M. Hum, Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Jabar. Para mahasiswa diberi pembekalan perihal minat dan bakat terhadap sastra dan linguistik yang nantinya akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan PPL di Balai Bahasa Jabar.

Dalam pelaksanaannya, para mahasiswa dibimbing dan dibina oleh Asep Juanda, M. Hum, salah satu staf teknis di Balai Bahasa Jawa Barat. Asep Juanda langsung mengenalkan lingkungan dan kondisi kerja di Balai Bahasa Jawa Barat. Para mahasiswa diajak berkeliling ke berbagai sudut ruangan yang ada, dari perpustakaan hingga ruang yang disediakan untuk para mahasiswa pelaksana kegiatan PPL.

Asep Juanda, M. Hum, menyampaikan serangkaian program kegiatan PPL di Balai Bahasa Jabar kepada para mahasiswa UIN Bandung.

Asep Juanda, M. Hum. juga menjelaskan kepada para mahasiswa PPL bahwa  kegiatan PPL di Balai Bahasa Jabar di antaranya akan diarahkan pada pembuatan naskah siaran bahasa dan sastra Indonesia di radio, penulisan artikel di media massa atau laman Balai Bahasa Jawa Barat, dan penulisan karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu tugas pokok selama kegiatan berlangsung. Selama 2 bulan penuh itu, para mahasiswa juga akan dilibatkan dalam serangkaian kegiatan yang ada di Balai Bahasa Jawa Barat.

Para mahasiswa PPL berharap selama kegiatan PPL mereka mampu mengasah kemampuan terutama dalam bidang bahasa dan sastra. Selain itu, mereka juga berharap mendapat pengalaman yang menjadi poin penting sebagai gambaran dunia kerja yang sesungguhnya yang akan mereka geluti setelah lulus dan memperoleh gelar sarjana pada masa mendatang.

Selain mahasiswa UIN, pada saat yang bersamaan di Balai Bahasa Jabar juga terdapat mahasiswa Universitas Negeri Malang dan STBA Bandung yang juga sedang melaksanakan PPL. Balai Bahasa Jabar memang kerap dijadikan sebagai tempat praktik pengenalan dunia kerja bagi para siswa atau mahasiswa dari berbagai daerah. (Asj)