PEMBINAAN JEJARING BIPA DI UNIGAL CIAMIS

Sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Bahasa Jabar menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Gedung Pascasarjana Unigal  Ciamis, Jalan R.E. Martadinata Nomor 150, Ciamis. Pelatihan yang diselenggarakan 13—14 September 2018 ini diikuti oleh empat puluh peserta yang terdiri atas dosen Bahasa Indonesia dan dosen Bahasa Inggris Unigal. Kegiatan ini adalah upaya peningkatan kompetensi pengajar BIPA di Unigal karena pengajaran BIPA merupakan sebuah realisasi upaya perwujudan perintah Undang Undang Nomor 24 tahun  2009 Pasal 44 tentang internasionalisasi Bahasa Indonesia.

Perlu pembaca diketahui, Nota Kesepahaman sudah ditandatangani oleh Rektor Unigal dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dalam  acara Dies Natalis Unigal pada 5 April 2018 lalu di kampus Unigal Ciamis. Sebagai tindak lanjut kerja sama kemitraan tersebut, Balai Bahasa Jabar menganggap perlu memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengajar BIPA agar semakin banyak lembaga/universitas di Jawa Barat yang mampu membuka kelas BIPA.

Drs. Iskhak Said, M.M., M.Pd., Ketua Satuan Kerja Sama, Layanan Bahasa dan Budaya Unigal mengatakan bahwa program kemitraan BIPA merupakan suatu kesempatan untuk penyiapan diri tenaga siap kerja bagi sumber daya pendidik bahasa di Unigal Ciamis. Selain itu, kegiatan ini adalah satu peluang bagi peserta untuk membangun jejaring pengembangan potensi sumber daya untuk mengangkat dan mengenalkan nilai-nilai lokal yang unik di tingkat regional dan internasional.  “BIPA dapat menjadi pilar peradaban di era digital dan memberikan harapan kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia”, kata Ikhak.

Ade Mulyanah, M.Hum., pengajar BIPA dari Balai Bahasa Jabar, sedang menyampaikan materi “Dasar Pemilihan Bahan Ajar dan Metodologi Pengajaran”.

Desie Natalia, Panitia Kegiatan, mengatakan bahwa materi dalam Pelatihan BIPA di Unigal disampaikan oleh Ade Mulyanah, M.Hum. (pengajar BIPA dari Balai Bahasa Jawa Barat) dan Dr. Nuny Suliatany Idris, M.Pd. (Ketua APPBIPA Jabar). Ade Mulyanah memberikan materi “Dasar Pemilihan Bahan Ajar dan Metodologi Pengajaran”. Sementara itu, materi “Media Pembelajaran dan Rencana Pengajaran” disampaikan oleh Nuny Suliatany Idris. “Para peserta pelatihan sangat antusias terhadap materi-materi yang disampaikan oleh kedua pengajar karena pada umumnya peserta belum pernah atau jarang sekali diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan kebahasaan yang bertujuan meningkatkan kompetensi pengajar BIPA,” kata Desie.

Kegiatan Pelatihan Pengajaran BIPA ditutup oleh Rektor Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si. Dalam sambutannya, Yat Rospia Brata berharap kegiatan pelatihan BIPA seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. “Kegiatan-kegiatan ke-BIPA-an di Universitas Galuh Ciamis harus berkembang dengan baik,” kata Rektor.

Pengajaran BIPA merupakan salah satu kegiatan andalan di Badan Bahasa dengan melalui berbagai program, antara lain pengiriman pengajar BIPA ke berbagai universitas/lembaga/sekolah di seluruh dunia,  kurikulum BIPA melalui Permendikbud No. 27 Tahun 2017, dan pembinaan kerja sama kemitraan dengan lembaga BIPA. (DC)

Para peserta Pelatihan Metodologi Pengajaran BIPA di Universitas Galuh Ciamis berfoto bersama.