Bimbingam Teknis Jejaring Kemitraan BIPA di Kabupaten Garut

Bahasa Jawa Barat bekerja sama dengan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut menyelenggarakan ke­giatan Bimbingan Teknis Je­jaring Kemitraan BIPA: Pela­tihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penu­tur Asing (BIPA) di Hotel Har­moni, Jalan Cipanas Baru Nomor 78, Kabupaten Garut. Kegiatan Bimtek ini diselen­ggarakan selama dua hari, tanggal 29—30 April 2019 dan diikuti oleh empat puluh pe­serta, yaitu dosen bahasa Indonesia dan dosen bahasa Inggris IPI Garut. Kegiatan Bimtek ini merupa­kan upaya peningkatan kom­petensi pengajar BIPA di IPI Garut karena pengajaran BIPA merupakan sebuah realisasi upaya perwujudan perintah Undang Undang No. 24 tahun 2009 Pasal 44 tentang Interna­sionalisasi Bahasa Indonesia.

Pengajaran BIPA merupakan salah satu kegiatan andalan di Badan Pengembangan Ba­hasa dan Perbukuan dengan berbagai program, antara lain, pengiriman pengajar BIPA ke berbagai universitas/lembaga/sekolah di seluruh dunia, ku­rikulum BIPA melalui Permen­dikbud Nomor 27 Tahun 2017, dan pembinaan kerja sama kemitraan dengan lembaga BIPA. Sebagai tindak lanjut kerja sama kemitraan tersebut, Balai Bahasa Jawa Barat menganggap perlu diberikan bimbingan teknis untuk me­ningkatkan kompetensi peng­ajar BIPA agar semakin ba­nyak lembaga atau perguruan tinggi di Jawa Barat yang mampu membuka kelas BIPA.

Rektor I Bidang Akademi IPI, narasumber, dan peserta Bimtek Jejaring BIPA berfoto bersama usai pelaksanaan acara.

Kegiatan bimtek dibuka oleh Dr. Abdul Hasim, M.Pd., Wa­kil Rektor I Bidang Akademik Institut Pendidikan Indonesia. Dalam sambutannya, Abdul Hasim mengatakan bahwa program kemitraan BIPA ini menjadikan suatu kesempa­tan penyiapan diri sebagai tenaga siap kerja bagi sumber daya pendidik bahasa di IPI Garut dan menjadi satu pelu­ang bagi peserta untuk membangun jejaring peng­embangan potensi sumber daya maupun pengangkatan atau pengenalan nilai-nilai lokal yang unik di tingkat re­gional dan internasional. Abdul Hasim berharap ba­hasa Indonesia akan semakin bermartabat dan kegiatan-kegiatan ke-BIPA-an di IPI Garut dapat berkembang dengan baik.

Materi dalam Bimbingan Teknis Pengajaran BIPA ini disampaikan oleh Ade Muly­anah, S.Pd., M.Hum. (penga­jar BIPA dari Balai Bahasa Jawa Barat) dan Raden Ma­esaroh, M.Pd. (Pengajar BIPA Balai Bahasa UPI Bandung). Ade Mulyanah memberikan materi “Dasar Pemilihan Ba­han Ajar dan Metodologi Pengajaran”. Sementara itu, materi “Media Pembelajaran dan Rencana Pengajaran” disampaikan oleh Raden Ma­esaroh, M.Pd. Ketua panitia, Desie Natalia mengatakan bahwa “Para peserta pelatihan sangat antusias terhadap materi-materi yang disam­paikan oleh kedua pengajar karena pada umumnya me­reka baru pertama kali mengik­uti kegiatan kebahasaan yang bertujuan meningkatkan kompetensi pengajar BIPA. Para peserta berharap akan diadakan bimtek lanjutan dengan materi “Pengajaran Sejawat (Peer Teaching)”. (DC)