Umar Solikhan, M.Hum. Menjadi Kepala Balai Bahasa Jawa Barat

Umar Solikhan, M.Hum. ditetapkan menjadi Kepala Balai Bahasa Jawa Barat menggantikan Drs. Sutejo. Umar Solikhan, M.Hum. beserta 88 pejabat fungsional lain di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Ke­budayaan (Mendikbud), Mu­hadjir Effendy, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kom­pleks Kemendikbud, Jakarta, pada hari Jumat, 3 Mei 2019. Para pejabat yang dilantik terdiri atas pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas, serta pejabat fungsional di lingkungan Ke­menterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, Umar Solikhan menjabat sebagai kepala Balai Bahasa Riau. Sementara itu, Drs. Sutejo (yang se­belumnya merupakan Ke­pala Balai Bahasa Jawa Barat) kembali bertugas di Ba­dan Pengembangan dan Perbukuan setelah dilantik sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Penghar­gaan, Pusat Pembinaan Ba­hasa dan Sastra. Selain itu, dalam pelantikan tersebut, salah seorang staff peneliti Balai Bahasa Jabar, Umi Kulsum, M.Hum. juga dilantik untuk menjabat kepala Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat.

Berikut ini pejabat di lingkungan Ba­dan Pengembangan dan Perbukuan yang dilantik dalam acara pelantikan di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kom­pleks Kemendikbud, Jakarta, pada hari Jumat, 3 Mei 2019.

  1. Umar Solikhin, M.Hum. sebagai Kepala Balai Bahasa Jawa Barat.
  2. Drs. Sutejo sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Penghargaan, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.
  3. Umi Kulsum, M.Hum. sebagai Kepala Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat.
  4. Ence Oos Mukhamad Anwas se­bagai Kepala Bidang Peng­embangan dan Penyusunan Buku, Pusat Perbukuan.
  5. Supriyatno, M.A. sebagai Kepala Bidang Penilaian dan Pengawasan Buku, Pusat Perbukuan.
  6. Fairul Za­badi sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Sumber Daya dan Pengembangan Sistem Informasi, Pusat Perbukuan.
  7. Songgo, M.Pd. sebagai Balai Bahasa Pekanbaru.
  8. Vera Ginting Kepala Sub­bagian Tata Usaha, Pusat Perbukuan.
  9. Syihabudin, S.E. sebagai Kepala Subbagian Barang Milik Negara, Sekre­tariat Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Dalam sambutannya, Mu­hadjir menyampaikan bahwa di Kemendikbud sedang mentradisikan tour of duty dan tour of area. Hal ini dilaku­kan agar suasana kerja menjadi semakin dinamis dan segar. Muhadjir berpesan agar pejabat yang baru di­lantik dapat bertanya seba­nyak-banyaknya kepada para pejabat lama. Hal tersebut perlu dilakukan agar pejabat baru dapat memahami situasi dan kondisi, serta menghadirkan terobosan yang positif dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Drs. Sutejo (kiri) dan Umar Solikhan, M.Hum. (kanan) berfoto bersama usai pelantikan di Plaza Insan Berprestasi, Kom¬pleks Kemendikbud, Jakarta.

Terima kasih Pak Sutejo, selamat menjalankan tugas di Bidang Pengendalian dan Penghar­gaan, Pusat Pembinaan Ba­hasa dan Sastra. Selamat datang Pak Umar Solikhan dan selamat menjalankan tugas di Balai Bahasa Jabar. (DS).