Sosialisasi dan UKBI di Kabupaten Karawang

Nantje Harijatiwidjaja, M.Hum., sedang menjelaskan petunjuk dan cara menjawab soal UKBI kepada para peserta.
Nantje Harijatiwidjaja, M.Hum., sedang menjelaskan petunjuk dan cara menjawab soal UKBI kepada para peserta.

Balai Bahasa Jawa Barat kembali mengadakan sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada para guru Bahasa Indonesia, pada tanggal 3 dan 4 Maret 2016 lalu. Kali ini para peserta yang diundang adalah guru Bahasa Indonesia SMA dan SMK Se-Kabupaten Karawang. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Citra Karawang ini diikuti oleh sekitar 80 orang peserta.

Tujuan utama kegiatan ini adalah memperkenalkan UKBI sebagai sarana standar resmi pengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia. Seperti diketahui, UKBI sudah ada sejak tahun 2003, melalui SK Mendiknas Nomor 152/U/2003, tetapi hingga kini belum semua lapisan masyarakat, khususnya para guru, mengenal alat ini.

Para peserta sedang menjawa soal UKBI seksi I
Para peserta sedang menjawab soal UKBI seksi I

Nantje Harijatiwidjaja, ketua panitia kegiatan, mengungkapkan bahwa setelah para guru diperkenalkan dengan UKBI, mereka juga langsung mengikuti tesnya sehingga selain para guru dapat mengenal lebih dalam lagi tentang UKBI, mereka juga dapat mengetahui nilai kemahiran berbahasa Indonesianya. Lebih lanjut, Nantje menginformasikan kepada masyarakat yang ingin menguji kemahiran berbahasa Indonesia dapat langsung menghubungi Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.