Balai Bahasa Jabar Terus Tingkatkan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia

Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia di Jawa Barat, Balai Bahasa Jawa Barat terus mengadakan penyuluhan kepada guru bahasa Indonesia. Penyuluhan yang dilaksanakan 21—22 Maret 2016 bertempat di Hotel Grand Citra Karawang. Sebanyak empat puluh orang guru Bahasa Indonesia dari MTs dan MA di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Karawang menjadi peserta dalam penyuluhan kali ini.

Umi Kulsum, M.Hum. ketika menyuluh di Karawang.
Umi Kulsum, M.Hum. ketika menyuluh di Karawang.

Materi yang diberikan dalam penyuluhan tersebut adalah Kebijakan Bahasa, Bentuk dan Pilihan Kata, Ejaan, dan Kalimat. Penyuluh dalam kegiatan ini adalah Drs. Abdul Khak, M.Hum, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, dan Umi Kulsum, M.Hum., salah seorang staf teknis di Balai Bahasa Jawa Barat.

Ketua panitia kegiatan, Setiawan, dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan dengan pola 16 jam ini selain untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia, juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kebahasaan dan kesastraan guru serta meningkatkan pemahaman mengenai kaidah pemakaian bahasa Indonesia. “Dengan adanya penyuluhan ini akan menumbuhkan sikaf positif para guru terhadap bahasa Indonesia dalam rangka pemantapan karakter bangsa” tambah Setiawan.