Bengkel Sastra di Kabupaten Karawang

Untuk menumbuhkan dan meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra, Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan “Bengkel Sastra” untuk Siswa SMA dan SMK Se-Kabupaten Karawang. Kegiatan yang dilaksanakan 30—31 Maret 2016 ini bertempat di Hotel Grand Citra Karawang.

“Bengkel Sastra” diikuti oleh empat puluh siswa dari SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Karawang. Instruktur dalam penyelenggaraan “bengkel Sastra” kali ini adalah penyair, Rudy Ramdani A., dan Prayoga Adiwisastra. Kedua penyair muda tersebut memberikan materi tentang Potensi Penyair dan kepenyairan, Identifikasi Puisi, Estetika Puisi, Interpretasi dan Proses Kreatif Penulisan Puisi, Puisi dan Media, serta Puisi dan ekspresi puisi.

 

Penampilan peserta dalam Bengkel Sastra untuk siswa SMA dan SMK di Kabupaten Karawang
Penampilan peserta dalam Bengkel Sastra untuk siswa SMA dan SMK di Kabupaten Karawang

Nia Kurnia, Ketua Panitia Kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan Bengkel Sastra yang diadakan di Kabupaten Karawang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan siswa di Karawang terhadap sastra dengan cara mengenal, membaca, dan menulis puisi. “Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya mendukung Gerakan Nasional Literasi Bangsa (GNLB)”, tambah Nia.