Unpas Menjalin Kerja Sama Pelaksanaan UKBI

Universitas Pasundan (Unpas) Bandung menjalin kerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Barat dalam pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Kerja sama tersebut terjalin setelah dibuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Magister Ilmu Komunikasi serta Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unpas dan Balai Bahasa Jawa Barat. Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di Bandung, pada hari Rabu, 30 Maret 2016.

PKS ditandatangani oleh Prof. Dr. H.M. Didi Turmuzi, M.Si., Direktur Pascasarjana Unpas, dan Drs. Abdul Khak, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Jawa Barat. Dalam PKS tersebut tertulis bahwa kerja sama dilakukan dalam penyelenggaraan UKBI bagi mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana dan mahasiswa Prodi Magister Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unpas Bandung yang duduk di semester III demi peningkatan mutu kebahasaan dan mutu berbahasa mahasiswa.

Dengan penandatanganan PKS tersebut, Unpas Bandung mengikuti jejak UPI Bandung, Unswagati Cirebon, Unsil Tasikmalaya, Unsur Cianjur, dan STKIP Siliwangi Cimahi yang sudah terlebih dahulu membuat PKS  dengan Balai Bahasa Jawa Barat dalam penyelenggaraan UKBI.

Dindin Samsudin, S.S., salah seorang Tim UKBI Balai Bahasa Jabar menginformasikan bahwa perguruan tinggi yang ingin bekerja sama dalam pelaksanaan UKBI dapat langsung menghubungi Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung.