Kamus Urban

Bahasa merupakan instrumen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak dapat hidup tanpa menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulisan. Bahasa adalah simbol-simbol yang digunakan untuk menyatakan gagasan, ide, dan perasaan seseorang.

Bahasa memiliki berbagai variasi atau ragam bahasa berdasarkan latar belakang geografi dan sosial penutur, media yang digunakan, dan pokok pembicaraan. Variasi atau ragam bahasa menyangkut semua masalah pribadi para penuturnya, seperti usia, pendidikan, pekerjaan, tingkat kebangsawanan, dan keadaan sosial ekonomi. Berdasarkan usia, kita dapat melihat perbedaan variasi bahasa yang digunakan oleh anak-anak, para remaja, orang dewasa, dan orang yang tergolong lanjut usia. Variasi atau ragam bahasa berdasarkan penutur dan penggunaannya berkenaan dengan status, golongan, dan kelas penuturnya.

Untuk mendokumentasikan variasi bahasa yang ada di masyarakat, Balai Bahasa Jawa Barat menyusun Kamus Urban sebagai bahan rujukan penggunaan ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di masyarakat pengguna bahasa Indonesia.