Seminar Internasional Bahasa Ibu (SIBI) Tahun 2016

Bahasa Ibu merupakan bahasa yang mempunyai kedekatan dengan penuturnya karena bahasa tersebut digunakan sejak dini. Sebagian besar bahasa Ibu di Indonesia adalah bahasa lokal yang berfungsi sebagai Bahasa Daerah. Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, telah banyak dijumpai bahwa bahasa indonesia dapat merupakan bahasa Ibu karena bahasa tersebut digunakan sejak dini sebagai bahasa pertama, meskipun penuturnya mempunyai bahasa Ibu sendiri.

Pergeseran dari bahasa nasional menjadi bahasa ibu disebabkan karena kurangnya minat menggunakan bahasa lokal oleh penuturnya dengan berbagai alasan, salah satunya adalah anggapan bahwa bahasa lokal kurang berprestise. Adanya fakta bahwa beberapa bahasa lokal ternyata memiliki penutur yang semakain berkurang telah menyebabkan keprihatinan. Keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi bahasa Ibu telah menyebabkan UNESCO menetapkan tanggal 21 Pebruari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional.

Dalam rangka Hari Bahasa Ibu Internasional Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Internasional Bahasa Ibu (SIBI). Seminar ini dilaksanakan bulan Juni 2016.