Pelatihan Penelitian Kuantitatif Sikap Bahasa

Drs. Moh. Abdul Khak, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, sedang membuka acara Pelatihan Penelitian Kuantitatif Sikap Bahasa
Drs. Moh. Abdul Khak, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat,
sedang membuka acara Pelatihan Penelitian Kuantitatif Sikap Bahasa

Untuk mewujudkan lembaga penelitian yang unggul, Balai Bahasa perlu didukung oleh sumber daya peneliti yang unggul juga. Potensi para peneliti perlu dikembangkan secara maksimal untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang penelitian dan pengembangan.

Sehubungan dengan itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilam para peneliti dalam melakukan penelitian, pada tanggal 23—26 Februari 2016, di Hotel Naripan Bandung, Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Penelitian Kuantitatif Sikap Bahasa. Pelatihan yang bertema “Menumbuhkan Sikap Positif terhadap Bahasa Indonesia dalam Rangka Mewujudkan Bahasa Negara yang Bermartabat” ini diikuti oleh sekitar 70 orang peneliti dari Balai/Kantor di seluruh Indonesia.

Para peserta sedang praktik mengolah data melalui program SPSS

Seluruh peserta diberikan pelatihan cara mengolah data penelitian kuantitatif melalui sistem statistik dengan program SPSS oleh narasumber Drs. Bambang Avip Priatna Martadiputra, M.Si., Dosen Statistika Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia. Selain program SPSS, para peserta juga dilatih cara mengoperasikan program Minitab dan STAT7 untuk keperluan pengolahan data.

Kepala Balai Bahasa Jawa Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang ke-2 kalinya setelah tahun lalu juga diadakan kegiatan yang sama di Bandung. “Dengan kegiatan ini para peneliti Balai/kantor bahasa diharapkan memiliki pisau yang tajam untuk mengolah data secara lebih akurat, khususnya dalam hal penelitian kuantitatif” ujar Abdul Khak.